Detail Berita

blog post

Aceh Timur- Upacara Perdana Senin Pagi, Awal Masuk Tahun Pelajaran Baru 2023 /2024. dengan petugas Upacara Siswa Kelas XII Yang berlangsung di Halaman Madrasah, dengan Pembina Upacara Waka Humas Solihin, S.P.d.I., Gr. dikuti Kepala Madrasah , KaTu, Staff Tu, Karyawan, Dewan Guru dan Seluruh Siswa/I, Senin, ( 24 /07/2023 ).

Dalam Amanatnya Waka Humas Solihin, S.P.d.I., Gr. Menyampaikan Siswa-siswi MAN Insan Cendekia Aceh Timur harus siap dengan kebiasaan baru dimana kegiatan di Madrasah tidak sama dengan kebiasaan dirumah, ketika dirumah kebiasaan kita dibantu, didampingi, diperhatikan bahkan dimanja oleh orang tua tapi setelah di MAN IC Aceh Timur yang notabene adalah sekolah boarding/berasrama maka kita dituntut untuk mandiri sesuai motto MAN Insan Cendekia Aceh Timur yaitu Prestasi, mandiri dan islami. Maka kemandirian itu harus diciftakan oleh kita sendiri, seperti bangun tidur tidak lagi dibangunkan, merapikan tempat tidur, membersihkan kamar, mematikan kipas angin, mematikan lampu sebelum keluar kamar dan lain sebagainya dimulai dari hal kecil sampai hal-hal besar uang menyangkut tentang nama baik madrasah dan prestasi madrasah. Kebiasaan yang baik dirumah hendaknya dijaga dan dilanjutkan, sebaliknya jika terdapat kebiasaan buruk maka harus ditinggalkan dan siap dengan kebiasaan baru disini. 

1.Kedisiplinan

Kedisiplinan merupakan sebaik-baik perbuatan, seperti halnya ketaqwaan dalam beribadah, jika sebaik-baik manusia dihadapan tuhannya adalah yang paling bertaqwa maka sebaik-baik manusia dimadrasah adalah yang paling disiplin. Kedisiplinan merupakan kunci dari segala perbuatan, jika setiap tindakan dan perbuatan kita sudah tertata dengan rapi, sesuai dengan tempat, posisi dan waktunya maka dikatakan disiplin, begitu juga jika setiap ibadah kita sudah dilaksanakan sesuai dengan posisi dan tepat pada waktunya dan sanggup meninggalkan segala larangan-Nya maka dikatakan ia termasuk orang-orang yang bertaqwa.

 2. Prestasi

Alhamdulillah pada tahun ini 7 siswa kita menjadi delegasi MAN Insan Cendekia Aceh Timur pada ajang KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Kita doakan agar semuanya lolos ke tingkat nasional dan mengharumkan nama madrasah kita, Dalam bidang pramuka Alhamdulillah dua siswa kita akan berangkat Raimunas perkemahan Nasional di Cibubur Jawa Barat untuk mewakili Kabupaten Aceh Timur, Muhammad Aidil Fasha Juga insyaAllah akan berangkat ke Korea Selatan pada Bulan Agusus yang akan dating, semoga perjalannya diberkahi Allah SWT.

Pelaksanaan upacara bendera pada pagi hari setiap Senin dilaksanakan, sudah menjadi kebijakan resmi dari pemerintah. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 22 Tahun 2010 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah. Dalam aturan tersebut disebutkan, selain Senin, upacara bendera juga wajib dilaksanakan untuk memeringati hari besar nasional.

Dalam peraturan tersebut, tujuan utama dari pelaksanaan upacara bendera di sekolah adalah salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Adapun tujuan pendidikan itu mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. “Sehingga, mendorong lahirnya sikap cinta tanah air di kalangan peserta didik,” demikian bunyi Permendikbud itu.