Detail Berita

blog post

Aceh Besar - 95 siswa-siswi Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Aceh Timur Beserta Guru Pendamping melakukan kunjungan belajar ke Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kemenag Aceh di Lhoknga, Aceh Besar, Senin (04 Maret 2024) 

Siswa tersebut tiba di observatorium pukul 14.00 WIB. Mereka disambut staf observatorium dan langsung diarahkan ke aula untuk mendapat pengenalan dan penjelasan awal tentang aktifitas di observatorium Tgk Chik Kuta Karang.

Mereka juga dibekali pengenalan peralatan yang dimiliki, metode rukyatul hilal dan hisab dalam penentuan awal dan akhir Ramadhan, serta mengenai fenomena langit yang menjadi objek kajian ilmu falak. 

Usai sesi di aula, kemudian siswa diajak berkeliling ruangan observatorium dan mendapatkan penjelasan dari setiap citra benda langit di ruang pameran. Mulai dari citra bulan, matahari, planet, tata surya, galaksi, dan proses terjadinya gerhana.

Kunjungan ini untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada siswa-siswi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang astronomi dan observasi benda langit. Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kemenag Aceh merupakan salah satu observatorium terkemuka di Aceh yang dilengkapi dengan fasilitas modern untuk pengamatan benda langit.

Guru Fiqih MAN IC Aceh Timur Nursabarina, M.Pd.I Pedamping Siswa Menyampaikan Kunjungan belajar ini berharap dapat menjadi inspirasi bagi para siswa-siswi MAN Insan Cendekia Aceh Timur untuk terus mengeksplorasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengembangkan potensi diri mereka dalam bidang ini.

Dengan semangat yang tinggi, para siswa-siswi MAN Insan Cendekia Aceh Timur kembali ke sekolah mereka dengan bekal pengetahuan baru dan pengalaman berharga dari kunjungan ke Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kemenag Aceh di Lhoknga, Aceh Besar. Ujarnya. (Humas)