Detail Berita

blog post

Aceh Timur - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Aceh Timur menggelar Ujian Asesmen Madrasah khusus bagi siswa kelas XII berbasis Computer Based Test CBT sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan. Ujian tersebut merupakan evaluasi penting untuk mengukur kemampuan akademik siswa sebelum melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Pelaksanaan Ujian Asesmen Madrasah dilaksanakan selama 6 hari dimulai pada Senin, (18 s/d 23 Maret 2024)  

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Muchamad  Sidik Sisdiyanto saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Ujian pada Madrasah yang dilaksanakan 19-21 Februari 2023 di Bali. 

Kementerian Agama akan menggelar Asesmen Madrasah mulai bulan Maret 2024 mendatang untuk peserta didik kelas akhir. Asesmen Madrasah ini merupakan pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN)

“Asesmen untuk jenjang Madrasah Aliyah atau MA akan diselenggrakan dalam rentang waktu 4 - 30 Maret 2024,” ujar Sidik.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah atau MTs, asesmen madrasah akan digelar pada rentang waktu 22 April - 11 Mei 2024. Sedang untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah atau MI, asesmen pada rentang waktu 29 April - 18 Mei 2024, sambungnya.

Menurut Sidik penyelenggaraan asesmen madrasah diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Penyelenggaraan Asesmen Madrasah.Asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengelolaan data/informasi untuk mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan, terangnya. 

Wakil Kepala Bidang Akademik T. Mustafa, S.Pd.,Gr menyampaikan bahwa Ujian Asesmen Madrasah kelas XII dilaksanakan dengan tujuan utama untuk mengevaluasi pencapaian belajar siswa sepanjang tahun ajaran. "Kelas XII merupakan tahun terakhir bagi siswa di MAN Insan Cendekia Aceh Timur. Oleh karena itu, kami mengadakan ujian ini sebagai langkah terakhir dalam memastikan kesiapan mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," ujar. T. Mustafa

Ujian Asesmen Madrasah bagi kelas XII mencakup berbagai mata pelajaran yang relevan dengan program studi yang diambil, termasuk mata pelajaran umum seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, serta mata pelajaran agama Islam. (Humas)