Nilai Nilai Dasar

Nilai-Nilai Dasar

Untuk mewujudkan cita-cita di atas, seluruh sivitas akademika MAN  Insan Cendekia harus menjunjung tinggi nilai-nilai utama (core values) sebagai berikut:

  1. Iman dan Takwa

Pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan warga MAN Insan Cendekia lainnya senantiasa menjunjung tinggi prinsip-prinsip keimanan dan ketaqwaan, serta menjadikan Iman dan taqwa menjadi ruh kehidupan dan perjuangannya.  Petunjuk Teknis Pengelolaan Pendidikan MAN Insan Cendekia

  1. Keteladanan (Role Model)

Guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan warga MAN Insan  Cendekia harus mampu menjadi teladan(uswah hasanah) bagi orang lain.

  1. Peduli dan Menghargai (Care and Respect)

Guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan warga MAN Insan Cendekia selalu memiliki sikap peduli, saling hormat-menghormati, menjunjung tinggi ajaran Islam rahmatan lil'alamin, menunjukkan  solidaritas yang tinggi, dan menghargai terhadap orang lain.

  1. Keingintahuan (Curiousity)

Guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan warga MAN Insan Cendekia senantiasa  menghargai dan selalu menumbuhkembangkan rasa ingin tahu para peserta didik tentang berbagai pengetahuan dan teknologi baru yang bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas profesionalnya, yang disalurkan melalui kegiatan belajar dan pembelajaran.

  1. Keberanian (Courage)

Proses pendidikan dan pembelajaran MAN Insan Cendekia dirancang untuk menumbuhkembangkan sifat berani kepada peserta didik untuk melakukan inisiatif, mengembangkan percaya diri, mengambil keputusan, mampu menilai mana yang benar dan mana yang salah sebagai dasar untuk melakukan tindakan.

  1. Komitmen (Commitment)

Proses pendidikan dan pembelajaran MAN Insan Cendekia  dirancang untuk menumbuhkan komitmen dalam mengembangkan sifat istiqomah, tekun, sabar, ulet, dan gigih dalam berusaha mencapai suatu tujuan. Guru dan tenaga kependidikan menunjukkan etos kerja, produktivitas, kreativitas, dan inisiatif yang tinggi dalam rangka mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan MAN Insan Cendekia, begitu pula peserta didiknya juga menunjukan semangat tak kenal lelah dalam berusaha mencapai  cita-cita.

  1. Kemandirian (Independence)

Proses interaksi seluruh guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan warga MAN Insan Cendekia dalam proses pembelajaran, proses komunikasi dan interaksi sosial hams menumbuhkan kemandirian agar peserta didik menjadi manusia yang berdikari (self-supporting), tidak tergantung pada orang lain atau kondisi-kondisi yang membatasi dirinya dalam mewujudkan keinginannya.

  1. Kesederhanaan (Simplicity)

Keseluruhan kehidupan kampus MAN Insan Cendekia menumbuhkan dan menghargai perilaku sederhana seluruh  warganya, dan tidak dapat mentoleransi perilaku yang berlebihan (excessive)  atau tidak proporsional. Kesederhanaan tercermin dalam cara berpakaian, cara makan, perilaku dan tutur kata.

  1. Kejujuran (Honesty)

Seluruh guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan warga MAN Insan Cendekia hams senantiasa menunjukkan sikap tulus ikhlas dan jujur dalam segala tindakannya, menjunjung tinggi kebenaran baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.