Detail Berita

blog post

Aceh Timur - MAN Insan Cendekia Aceh Timur,  kembali mengukir prestasi di kancah internasional. Miftahul Rizky Dawamah, N.R , siswi  kelas XI MIPA di MAN Insan Cendekia Aceh Timur dinyatakan lulus sebagai calon penerima beasiswa penuh program YES 2024-2025 ke Amerika Serikat. Selanjutnya akan dilakukan seleksi tingkat Internasional melalui berkas yang akan dikirimkan ke AFS USA untuk penentuan status finalis dan cadangan. Jum’at ( 08 /11/2023 )

Program Kennedy Lugar Youth Exchange & Study Program (YES) merupakan sebuah inisiatif pertukaran budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Amerika Serikat. Tujuan program ini adalah untuk memperluas pemahaman antarbudaya dan meningkatkan hubungan baik antara masyarakat Amerika dan peserta internasional. prestasi Gemilang di kancah internasional ini MAN Insan Cendekia Aceh Timur empat kali berturut - turut telah mengirimkan Siswa ke Amerika, Atikah Nafisah tahun 2018, Meutia May Oryza tahun 2019, Mirzani Alfira tahun 2020 dan Miftahul Rizky Dawamah. N.R tahun 2023

Miftahul Rizky Dawamah N.R adalah siswi MAN Insan Cendekia Aceh Timur Kelas XI yang berhasil lolos seleksi Nasional dan tinggal menunggu kabar keberangkatan yang dimana siswi yang akrab disapa Miftah tersebut mengikuti seleksi dari tingkat Provinsi sampai tingkat Nasional. “saya sudah menunggu pengumuman seleksi tersebut dari beberapa hari yang lalu, alhamdulillah saya dapat surat pengumuman kemarin dan dinyatakan lolos seleksi Nasional” ungkap Miftah dengan sangat sumringah.

Pengumuman seleksi program program Kennedy Lugar Youth Exchange & Study (YES) di Indonesia diterima oleh MAN Insan Cendekia Aceh Timur melalui Guru Pembimbing Bahasa Inggris Sri Diana, S.Pd. pada hari Kamis (7/12/2023), sontak keluarga besar MAN Insan Cendekia Aceh Timur terharu dan merasa bangga atas raihan yang telah dicapai ini. “Ini merupakan prestasi besar bagi saya disaat-saat pertama saya Menjabat” ungkap Kepala MAN Insan Cendekia Aceh Timur Zulkarnain, S.Pd.I, M.Pd. melalui pesan singkatnya dalam sms yang disampaikan kepada Tim Humas MAN Insan Cendekia Aceh Timur disela-sela kegiatan kamad dijakarta.

Pemberitahuan Seleksi Year Program 2024-2025 Kennedy Lugar Youth Exchange & Study Program (YES) termaktub dalam surat pemberitahuan Nomor 23/YBA/SELEKSI-YES/12/1797:

Kepada Yth.  Adik Miftahul Rizky Dawamah N. R Dengan hormat, Setelah mempertimbangkan semua hasil Seleksi Tingkat Chapter yang kami terima dan hasil Seleksi Tingkat Nasional, Yayasan Bina Antarbudaya selaku pengelola dan penanggung jawab program Kennedy Lugar Youth Exchange & Study (YES) di Indonesia memutuskan bahwa adik TERPILIH sebagai calon penerima beasiswa penuh program YES 2024-2025.

Selanjutnya, sebagai calon peserta dari Indonesia berkas adik akan dikirimkan ke American Councils di Amerika Serikat dan diseleksi di Tingkat Internasional untuk penentuan status finalis dan cadangan. Kepastian keikutsertaan dan keberangkatan ditentukan oleh regulasi dan kebijakan dari pihak pemberi beasiswa yaitu kelengkapan dan kebenaran berkas aplikasi dan berkas kesehatan (Form M dan Health Form Addendum), ketersediaan keluarga angkat dan sekolah penerima di Amerika Serikat, serta perolehan visa Amerika Serikat. Seluruh finalis masih harus melalui review aplikasi dan berkas kesehatan yang dilakukan oleh tim dari American Councils, sehingga tidak semua kandidat akan bisa mengikuti program.

Keputusan mengenai kelulusan dan keikutsertaan Adik ditentukan sepenuhnya oleh pihak pemberi beasiswa Program YES, yaitu US Department of State. Keputusan tersebut bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Sekali lagi selamat atas keberhasilan yang Adik raih. Untuk proses selanjutnya Adik diharapkan segera melengkapi aplikasi online YES serta semua berkas pendukung yang dibutuhkan. Apabila ada pertanyaan yang berkenaan dengan program YES 2024-2025 silakan menghubungi chapter atau kantor nasional pada hari dan jam kerja. (Humas)