Detail Berita

blog post

Aceh Timur - MAN Insan Cendekia Aceh Timur Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua OSIM / MPS Periode 2023 / 2024 Secara Demokrasi, Dalam rangka memberikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM/MPS periode 2023/2024, dilakukan dengan sistem pengutan suara oleh seluruh Siswa/I MAN Insan Cendekia Aceh Timur yang berlangsung di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Jum'at (15/09/2023) 

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM/MPS Periode 2023/2024 dilaksanan pada Jumu'at, 15 September 2023, Pemilihan diadakan menggunakan prinsip demokrasi, seperti dalam pemilihan presiden atau kepala daerah di Indonesia. Seluruh Siswa – Siswa diberikan kesempatan untuk mencoblos kertas suara.

Nama – nama Kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIM Masa Jabatan 2023 – 2024 Paslon No 1. Muhammad Danil dan Rameyza Alya, Paslon No. 2. Muhammad Yusri Efendi dan Keisya Najwa Yafa Lubis, Paslon No 3. Fahet Mahdefiqih dan Fitri Fatimah Zahra Tanjung .

Lebih lanjut dalam Pesta Pemilihan Demokrasi Ketua dan Wakil Ketua Osim yang unggul memperoleh suara terbanyak Paslon No 1. yaitu Muhammad Danil dan Rameyza Alya dengan jumlah suara 130 sedangkan Paslon No 2. Muhammad Yusri Efendi dan Keisya Najwa Yafa Lubis memperoleh 91 Suara dan Paslon No. 3. Fahet Mahdefiqih dan Fitri Fatimah Zahra Tanjung memperoleh 59 Suara.       

Sedangkan Ketua MPS Periode 2023/2024 yang terpilih Muhammad Nur Wahid memperoleh Suara Terbanyak.

Pembina OSIM juga diadakan pemilihan secara demokrasi yang di pilih oleh Seluruh Siswa/I Nama – Nama Calon Pembina OSIM, Dr. Uun Dwi Al Muddatstsir, SEMA, Kasful Anwar, SPd,. M.Ag. Husnul Yaqin, S.Pd, Ica Noviska, S.Pd, Irfan Dame, S.Pd, Muhammad Ramadhan, S.Pd, Nurmalia, S.Pd, yang unggul suara terbanyak Irfan Dame, S.Pd,.

Lebih lanjut Pembina MPS Demisioner Muhammad Rifal Fahmi, SH, MH, menyampaikan Pemilihan OSIM ini merupakan pembelajaran Demokrasi secara langsung yang dilakukan oleh Siswa/I MAN Insan Cendekia Aceh Timur dimana mereka memilih ketua OSIM dan Wakil Ketua MPS serta Pembina OSIM Periode 2023/2024 secara langsung di Gedung PPT dimulai dari tahapan pendaftaran masa kampanye mengikuti Debat Kandidat, dan mencoblos secara langsung, mengungkapkannya.

Kegiatan pemilihan Ketua OSIM diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIM dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIM. (Rz)