Detail Berita

blog post

Aceh Timur – pelajar MAN Insan Cendekia Aceh Timur atas nama M. Aidil Pashsha mengikuti Jambore Internasional yang akan diselenggarakan di Korea Selatan, Aidil lolos ke jambore internasional berkat keikutsertaannya dalam seleksi tingkat kabupaten dan tingkat provinsi yang dilaksanakan tahun 2022 yang mengalahkan ratusan peserta dari seluruh Aceh yang salah satu kriteria kelulusannya adalah lancar berbahasa Inggris.

Pelaksanaan Jambore internasional akan diselengggarakan di Korea Selatan mulai dari tanggal 1 Agustus sampai dengan 12 Agustus 2023, pelepasan keberangkatan Aidil dilaksanakan di Pendopo Aceh Timur, Jumat, (28/07/2023) turut dihadiri Bupati Aceh Timur, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur dan Kamabigus MAN Insan Cendekia Aceh Timur.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Aceh Timur menyampaikan “banggalah jadi Pramuka, kita Aceh Timur tahun ini merupakan daerah terbanyak di seluruh Aceh dimana Aceh Timur berhasil membawa tiga peserta terbaik hasil seleksi kalau kabupaten lain berkisar satu atau dua kita tiga. Selamat kepada SMA unggul, SMAN satu dan MAN Insan Cendekia Aceh Timur karena berhasil membimbing anak-anak Lulus seleksi jambore Dunia di Korea Selatan. Anak-anak ini akan berangkat bersama seluruhnya 20 peserta dari Aceh mewakili Indonesia ke jambore Dunia”. “Terima kasih kepada semua pihak atas pembinaannya khususnya kepada kamabigus masing-masing dan pembina Pramuka di gugus depan”. Tutupnya.

Disamping itu dalam event lain yaitu Raimuna Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Cibubur, MAN Insan Cendekia Aceh Timur juga mewakilkan dua peserta didiknya yaitu Gaizka Chasy Zanjabila dan Destra Pranajaya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan di bulan Agustus juga, namun sampai berita ini ditulis panitia belum menerima jadwal pasti pelaksanaan Raimuna. Namun pada Sabtu, (29/07/2023) Gaizka Chasy Zanjabila dan Destra Pranajaya telah mengikuti pelatihan sebelum keberangkatan yang bertajuk Perjusami yang dilaksanakan di Kuarcab Kab. Aceh Timur.

Kepala MAN Insan Cendekia Aceh Timur sekaligus Kamabigus MAN Insan Cendekia Aceh Timur Ustadz H. Shulfan, S.Ag., M.Sc. menyampaikan rasa syukur dan bangganya kepada para peserta didik yang lolos baik ke Korea maupun ke Jakarta, selain memberikan nasehat Ustadz Shulfan juga memberikan bingkasan sebagai uang bekal perjalanan Aidil ke Korea selatan. Dalam nasehatnya beliau menyampaikan kepada sdr Aidil agar terus berkarya dan membawa dan menjaga nama baik madrasah MAN Insan Cendekia Aceh Timur, ungkapnya.

Jambore Internasional merupakan Pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat yang paling ranting sampai tingkat nasional. Bahkan diduniapun diselenggarakan kegiatan serupa yang biasa disebut Jambore Dunia (World Scout Jamboree) dan Jambore tahun 2023 akan dilaksanakan di Korea Selatan, Jambore Pramuka Sedunia ke-25 Tahun 2023 akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Sae Man-Geum, Korea Selatan dari tanggal 1 sampai 12 Agustus 2023. Pembukaannya akan dilaksanakan pada 2 Agustus 2023. Jambore ini akan diikuti sekitar 43.000 Pramuka/Pandu dari sekitar 160 negara dan teritori di seluruh dunia.

Sedangkan Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna tahun 2023 akan dilaksanakan di Cibubur Jakarta Timur.