Detail Berita

blog post

Aceh Timur – MAN Insan Cendekia Aceh Timur mengadakan kegiatan P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin) dengan tema: Kearifan Lokal dan sub tema: Melesatarikan Budaya Lokal dengan Membuat Payung Pengantin Aceh. Kegiatan akan berlangsung mulai tanggal 27 November sampai dengan 1 Desember 2023.

Kegiatan P5P2RA dibuka oleh Kepala MAN Insan Cendekia Aceh Timur pada Senin pagi 27 November 2023. Dalam sambutannya Kepala MAN Insan Cendekia Aceh Timur Zulkarnain, S.Pd.I., MA. berpesan bahwa P5P2RA adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Salah satu nilai tersebut yaitu Kearifan Lokal, yang diwujudkan dalam pergaulan sehari-hari dengan penuh toleransi, anti kekerasan, anti perundungan, dan moderat sehingga terbentuk kerukunan dan kedamaian.

Kegiatan P5P2RA 2023 di MAN Insan Cendekia Aceh Timur merupakan tahun kedua dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dan diikuti oleh semua siswa kelas X dan kelas XI. Produk yang akan dihasilkan dari P5P2RA adalah produk Kearifan Lokal yaitu Payung Pengantin atau yang istilah Lokal disebut Payung Linto.

Direncanakan pada penutupan P5P2RA yang dijadwalkan hari Jumat tanggal 01 Desenber 2023 akan diadakan pameran Produk di Gedung PPT MAN Insan Cendekia Aceh Timur dengan mengundang para tamu undangan, sekaligus juga akan diadakan penganugerahan untuk karya terbaik P5P2RA yang akan disiarkan langsung live Youtube channel official MAN Insan Cendekia Aceh Timur.

 

Pada acara Pembukaan P5P2RA Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik T. Mustafa, S.Pd., Gr. Memaparkan Kegiatan P5PPRA MAN Insan Cendekia Aceh Timur pada semester Ganjil Tp. 2023/2024 dilaksanakan secara blok, mulai dari Tanggal 27 November hingga 1 Desember 2023 dalam waktu 51 Jam Pelajaran. Tema yang diambil kali ini adalah Kearifan Lokal dengan kontekstualisasi tema sistem budaya lokal dalam kehidupan modern, diharapkan kegiatan P5PPRA ini dapat meningkatkan pemahaman siswa/i dalam mengenal budaya lokal (Aceh), mampu berkolaborasi, bergotong royong, inovatif dan kreatif. Produk akhir yang diharapkan dari P5PPRA ini adalah payung pengantin. “diakhir kegiatan nanti siswa/i akan melaksanakan kegiatan pameran hasil karya dan parade budaya Aceh”. Pungkas Wakamik.

Sekilas Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin (P5P2RA) MAN Insan Cendekia Aceh Timur. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5P2RA), merupakan sarana memberi kesempatan peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan proyek profil pelajar ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Proyek penguatan profil pelajar diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya.