Detail Berita

blog post

Aceh Timur – MAN IC Aceh Timur Memperingati MILAD Ke – 8 MAN IC Aceh Timur  bertema‘'Sewindu Menapaki Prestasi di Bumi Serambi Mekah ‘’ yang di selenggarankan di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Selasa Malam, ( 14/08/2023 )

Sejarah berdirinya MAN Insan Cendekia Aceh Timur, Untuk memperluas semangat Insan Cedekia, pemerintah melalui Kementerian Agama RI mendirikan empat MAN Insan Cendekia yang merupakan replikasi MAN Insan cendekia yang sudah ada yaitu Serpong, Gorontalo dan Jambi. 

Pada tahun 2013 Aceh Timur merupakan salah satu lokasi yang dibangun MAN Insan Cendekia dengan lahan seluas 10 Ha yang merupakan hibah dari Pemkab Aceh Timur, dan saat ini dalam proses pembangunan dan telah dioperasikan untuk tahun ajaran 2015/2016. Madrasah ini akan dapat mendongkrak peningkatkan mutu pendidikan di madrasah dan perluasan akses pendidikan dengan keunggulan-keunggulan sistem yang dilatar belakangi dengan sistem pendidikan Islami, di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Aceh. Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Aceh, dalam proses belajar mengajar nantinya mengikuti model madrasah yang telah meluluskan alumni terbaik madrasah di Indonesia semisal Madrasah Insan Cendikia yang ada di Serpong. 

Kepala MAN IC Aceh Timur H. Shulfan, S.Ag.,M.Sc. menyampaikan dalam pembuka acara MILAD Ke – 8 Tahun MAN IC Aceh Timur, Kenapa di Angka delapan Tahun kami munculkan kenapa tidak  satu ,dua dan seturusnya, dari delapan,  enam itu siswa dari Aceh, dua lagi dari Medan, terus Saya cari informasi karena memang sudah lulus terseleksi di MAN IC Aceh Timur, yang satu sudah masuk sekolah di Medan, Saya telepon orang tuanya. Mohon anaknya pak diantar ke MAN IC Aceh Timur,  orang tua nya menjawab Anak saya sudah masuk asrama dan Anak saya sudah belajar, saya menjawab bapak bawak aja  kesini , Naik  kereta dari medan ke aceh timur tidak bawa bekal apa apa sampai di sini saya pengang tangannya, bapaknya saya suruh pulang terus , Anaknya tinggal di sini.

Orang tuanya menjawab Saya enggak bawa apa – apa, saya menjawab baju nantik dikirim, Dari Enam itu tambah dua dari medan jumlah siswa kami pertama itu pada tahun 2015, delapan Siswa, Delapannya kami Tamat kan sampai kelas 3, dan sekarang sudah tersebar dan sudah bekerja, Alhamdulillah.. 

Lebih lanjut H. Shulfan, Saya juga akan berakhir setelah angka ke 8 ( delapan ) ini,  saya tidak lagi di angka 9 ( Sembilan) nanti, 2 periode perjalanan saya di MAN Insan Cendekia Aceh Timur, Nanti apa yang sudah menjadi Yang bagus tentunya nanti akan dilanjutkan oleh periode selanjutnya, Mungkin banyak yang kurang, yang menjabat selanjutnya nanti akan terus Memperbaiki kekurangan – kekurangan yang ada sama kami.

Kakanwil Kemenag Aceh yang di Wakili Kakan Kemenag Aceh Timur, H. Salamina, S.Ag, MA. Menyampaikan dalam kata sambutan, Angka 8 sangat bermakna khususnya bagi Siswa Angkatan pertama 2015 dengan mengangkat tema ‘’Sewindu Menapaki Prestasi di Bumi Serambi Mekah’’, Walaupun pada hari ini kepala MAN IC Aceh Timur sudah dalam Asesmen , Tetapi perjuangan bapak Shulfan, sudah mengantar alumni MAN IC Aceh Timur keperguaran tinggi ternama, ada di jepang, Mesir dan perguruan ternama lainnya.

Malam Puncak Milad Ke- 8 MAN Insan Cendekia Aceh Timur turut hadir tamu undangan, Kakanwil Kemenag Aceh yang di wakili Kemenag Aceh Timur H. Salamina, S.Ag.,MA, Ketua DPRK Aceh Timur masa jabtan Tahun 2015 Tgk Alauddin, SE, Sekda Aceh Timur masa jabatan Tahun 2015, Muslem, M.Pd., Kasubag TU Kemenag Aceh Timur Fadli SAg, MSi., Kepala MTsN/MA Se – Aceh Timur, Seluruh Guru, dan Siswa – Siswi MAN IC Aceh Timur yang berlangsung di Gedung PPT MAN IC Aceh Timur.(Rz)