Detail Berita

blog post

Aceh Timur – Sebanyak 96 Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Aceh Timur Tahun Pelajaran 2023 / 2024 mengikuti pembukaan MATSAMA ( Masa Ta'aruf Siswa Madrasah ) bertema '' Membangun Generasi Islam, Mandiri dan Tangguh '' yang berlangsung di Gedung PPT Pusat Pelayanan Terpadu MAN IC Aceh Timur Senin, (17/07/2023)

MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah ) adalah masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa-siswi baru. Baik pengenalan kegiatan rutin madrasah, fasilitas madrasah, ciri khas madrasah, nilai, norma, dan tata tertib madrasah, serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah,

Plt Kepala MAN IC Aceh Timur, T. Mustafa, S.Pd, Gr dalam kata sambutanya anak – anak kami yang berbahagia, kami sekali lagi menyampaikan Selamat Datang' Calon Pemimpin Masa Depan, di kampus Prestasi, Mandiri dan Islami, MAN Insan Cendekia Aceh Timur. Madrasah yang indah, madrasah yang luar biasa.

Anak – anak kami, bersyukur dan berbahagialah bahwa kalian semua, yang hari duduk di dalam gedung ini adalah pejuang – pejuang yang berhasil diantara ribuan pejuang – pejuang yang lain dalam seleksi peserta didik baru unggulan MAN. Ada 29 ribu labih perdaftar MAN Unggulan tahun ini, memperebutkan 3200 kursi, dan kalian yang duduk disini hari ini adalah salah satunya.

Lebih lanjut T. Mustafa Menyampaikan tujuan mengikuti MATSAMA menyesuaikan diri dari madrasah atau sekolah sebelumnya dengan madrasah yang baru, kegiatan ini akan kita laksanakan dalam beberapa hari kedepan yang nantiknya di hari terakhir akan ditutup dengan kegiatan Outboand, ada beberapa materi yang akan di sampaikan oleh Ustad atau ustazahnya disini maupun pemeteri yang kita undang dari luar nantiknya, yang materi – materi ini sangat penting dan menjadi bekal bagi anak – anak kami dalam menjalankan masa belajar di MAN Insan Cendekia Aceh Timur selama 3 tahun kedepan, kami berharap anak – anak kami dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan matsama ini dengan bahagia, ikhlas dan fokus.

Pada kesempatan ini juga sampaikan terimakasih kepada anak – anak OSIM yang telah bekerja dengan luar biasa mulai dari penyambutan peserta didik baru hingga kegiatan matsama ini, sehingga rangkaian kegiatan dalam beberapa hari ini dapat terlaksana dengan baik.

Kasi Penmad Kemenag Aceh Timur Saiful Bahri, S,Pd.,M.Pd, dalam arahan dan bimbingan sekaligus membuka acara MATSAMA Tahun 2023, Menyampaikan Hari ini merupakan hari pertama kegiatan siswa baru di MAN IC Aceh Timur setiap siswa – siswi baru di salah satu sekolah atau madrasah ini diwajibkan ada suatu pertemuan sebelum pembelajaran dimulai, kalau dulu pada masa kami disekolah tahun 80an itu namanya P4 ( Pedoman, Penghayatan, Pengamalan, Pancasila ), Mulai dari SD, SMP, SMA/MA dan Perguruan tinggi di bekali dengan pengamalan Pancasila. Kemudia berubah dengan Kata – kata MOS (Masa Oriantasi Siswa) kemudia berubah menjadi MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) kemudian sekarang MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah), MATSAMA ini kegiatan Rutin yang dilaksanakan di Madrasah untuk mengenal fasilitas madrasah, ciri khas madrasah , nilai, norma, dan tata tertib madrasah,

Dilanjutkan Materi Strategi mengikuti lomba akademisi dan non akademisi menuju Aceh Carong oleh CABDIN Aceh Timur Bapak Rahmatsah Putra, S.Pd.

Kegiatan MATSAMA dilaksanakan dari tanggal 17 Juli s/d 20 Juli 2023 materi masa kegiatan MATSAMA, Materi Moderasi beragama ( ukhuwah Islamiyah, islam rahmatan lil alamin ) disampaikan oleh Kakankemenag Aceh Timur H. Salamina, S.Ag.,MA. Materi Kesiswaan (Menjelaskan tentang Pengenalan Organisasi, Program Kesiswaan, Prestasi siswa dan jenis-jenis eksul yang ada di MAN Insan Cendekia Aceh Timur ) Oleh Wakasiswaan Fahrul Annas, MPd, Materi Pola Hidup Sehat Oleh Dinkes Aceh timur , Materi keasramaan ( Memperkenalkan Pembina asrama, Pembentukan Sikap disiplin dan Tanggung Jawab, Program keasramaan, kehidupan berasrama dan tata tertib di asrama MAN Insan Cendekia ) oleh waka Keasramaan Khairul Wasif, S.Pd., Gr. Materi Sarana dan Prasarana (Fasilitas dan Infrastruktur Pendukung Pembelajaran) oleh Waka Aspras Nurul Hidayatullah, S.Pd,.Gr. Materi Psikologi ( Pengenalan bagaimana pencegahan dan penanganan terhadap tindakan kekerasan fisik, psikososial (bullying), penelantaran, pengurangan seksual, narkoba dan merokok ) Oleh Guru BK Yusni Sufrida, S.Pd, Materi Kehumasan ( Memperkenalkan Cara Bermedsos yang Baik dan Benar ) Solihin Kamal , S.Pd.,Gr.

Kegiatan MATSAMA ( Masa Ta'aruf Siswa Madrasah ) berlangsung di Gedung PPT Pusat Pelayanan Terpadu MAN IC Aceh Timur diikuti Seluruh Siswa – Siswi Baru, Guru, Karyawan, Ka.Tu, dan Staf Tata Usaha MAN IC Aceh turut hadir Undangan tamu Kankan Kemenag Aceh Timur, Kasi Penmad Aceh Timur, CABDIN Aceh Timur.