Detail Berita

blog post

Bimbingan teknis implementasi Implementasi Kurikulum Merdeka MAN Insan Cendekia Aceh Timur Tahun 2023 dilaksanakan di Hotel Royal Idi pada hari Rabu (19/07/2023).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yakni Khairuddin, S.Pd., M.Pd. Kepala SMAN 1 Matang Kuli Aceh Utara. Kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka ini juga dihadiri Plt. kepala madrasah dan guru MAN IC Aceh Timur, Kaur TU dan Staff, dimana MAN IC Aceh Timur sebagai madrasah piloting/percontohan pada Implementasi Kurikulum Merdeka dari Tahun 2023 di Kementerian Agama Provinsi Aceh sehingga Bimtek ini sangat penting untuk dilaksanakan.

Mengawali kegiatan ini, Plt. Kepala MAN IC Aceh Timur, T. Mustafa, S.Pd., Gr. memberikan sambutan di hadapan peserta Bimbingan Teknis. Dalam sambutannya, ia menyatakan kegiatan ini dianggap penting dan menjadi kebutuhan madrasah dalam menyongsong pelaksanaan program Kurikulum Merdeka.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka ini dapat membekali Ustadz dan Ustadzah dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka belajar,” ungkap, T. Mustafa.

Ia juga menyampaikan kegiatan ini dapat terlaksana karena koordinasi dan pemanfaatan waktu yang cukup singkat. Meskipun demikian, tetap dapat mendatangkan narasumber langsung dari Professional termasuk kepala Sekolah yang berkompeten dibidangnya.

Selanjutnya, Plt. Kepala MAN IC Aceh Timur, T. Mustafa, S.Pd., Gr. menyampaikan kepada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan bersama narasumber selama penyampaian Implementasi Kurikulum Merdeka belajar. Ia juga mengungkapkan terima kasih kepada seluruh panitia dari MAN IC Aceh Timur yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut.

Materi Bimbingan Teknis disampaikan narasumber kepada peserta meliputi materi secara global mengenai CP (Capaian Pembelajaran), Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Modul Ajar, KKTP, Assesmen, sampai penilaian dan evaluasi, dan banyak hal lain yang menyangkut tentang Kurikulum Merdeka.

Materi Bimbingan Teknis disampaikan narasumber kepada peserta secara interaktif. Peserta Bimbingan Teknis terdiri dari 38 Peserta yang terdiri dari seluruh dewan guru MAN Insan Cendekia Aceh Timur.

Dalam penyampaian materi Bimbingan Teknis, Khairuddin menjelaskan bahwa guru harus fokus dalam melaksanakan tugas dan harus totalitas dalam setiap aktivitasnya. Salian itu, guru juga harus mampu mengajar sepenuh hati dengan cinta dan kasih sayang agar terwujud pembelajaran yang berkualitas.

“Keberhasilan pelaksanaan satuan pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas belajar dan evaluasi pembelajaran,” ungkap Khairuddin. Saat ini telah ada platform Merdeka Mengajar yang bias didapatkan di google play store dan Platform ini berorientasi juga sebagai peningkatan kompetensi guru. Sehingga bisa memfasilitasi madrasah dalam peningkatan kompetensi guru madrasah.

Seluruh peserta kegiatan ini menyimak dengan seksama tentang mekanisme pelaksanan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah hingga akhir acara. Diakhir, pemateri mempraktekan kepada seluruh peserta dalam cara membuat ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) agar seluruh Peserta dapat dengan mudah membuatnya nanti ketika pembelajaran dilaksanakan.

“Mudah-mudahan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka ini dapat menjadi bekal bagi seluruh dewan guru untuk bekal ustadz-ustadzah dalam pembelajaran dimasa yang akan dantang”. Ungkap Khairuddin.