Detail Berita

blog post

Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM/MPS periode 2022/2023 dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh Siswa/I MAN Insan Cendekia Aceh Timur yang berlangsung di Gedung Pusat Pelayanan Siswa Terpadu Senin (23/08/2022) 

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM/MPS Periode 2022/2023 dilaksanan pada Senin, 23 Agustus  2022. Pemilihan diadakan menggunakan prinsip demokrasi, seperti dalam pemilihan presiden atau kepala daerah di Indonesia.  Seluruh Siswa – Siswa diberikan kesempatan untuk mencoblos kertas suara. Nama – nama Kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIM Masa Jabatan 2022 – 2023 Paslon No 1. Rafi Ahmad & Shafiqah Rifatul Azra, Paslon No. 2
T. Muhammad Ghaffar & Syarifah Ghina Alya, Paslon No. 3 Bagas Idul Adhar & Gaizka Chasy Zanjabila.

Lebih lanjut dalam Pesta Pemilihan Demokrasi Ketua dan Wakil Ketua Osim yang unggul memperoleh suara terbanyak Paslon No 2 yaitu T. Muhammad Ghaffar & Syarifah Ghina dengan jumlah suara 125 sedangkan Paslon No 1. Rafi Ahmad & Shafiqah Rifatul memperoleh 37 Suara dan Paslon No. 3 Bagas Idul Adhar & Gaizka Chasy Zanjabila memperoleh 124 Suara.
Sedangkan Ketua MPS Periode 2022/2023 yang terpilih Fariz Muhammad Luthfan dan Wakil Ketua MPS Faiz Akbar

Pembina OSIM juga diadakan pemilihan secara demokrasi yang di pilih oleh Seluruh Siswa/I Nama – Nama Calon Pembina OSIM Muhammad Ramadhan,S.Pd, Herdiansah, S.Pd.,Gr, Hendra Sahputra,. S.Pd.,Gr, Erwinawati, S.Pd,.Gr yang unggul suara terbanyak Erwinawati, S.Pd.,Gr

Lebih lanjut Pembina MPS Demisioner Rudi Andriasyah, S.P.d menyampaikan Pemilihan OSIM ini merupakan pembelajaran Demokrasi secara langsung yang dilakukan oleh Siswa/I MAN Insan Cendekia Aceh Timur dimana mereka memilih ketua OSIM dan Wakil Ketua MPS serta Pembina OSIM Periode 2022/2023 secara langsung di Gedung PPT dimulai dari tahapan pendaftaran masa kampanye mengikuti Debat Kandidat, dan mencoblos secara langsung, ungkapnya.

Kegiatan pemilihan Ketua OSIM diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk  menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar.  Pemilihan ketua OSIM dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIM.