Detail Berita

blog post

Aceh Timur – MAN Insan Cendekia Aceh Timur mengirimkan dua delegasinya dalam Kompetisi Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2021 yaitu Teuku Arifatul Maulidan Anatha dan Muhammad Fikri Nabil Syah keduanya merupakan satu team yang telah mengikuti tahap awal dari seleksi Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2021 dan dinyatakan lulus katahap selanjutnya, hasil ini menunjukan bahwa Teuku Arifatul Maulidan Anatha dan Muhammad Fikri Nabil Syah merupakan satu-satunya team dari Madrasah Aliyah se-Aceh yang berhasil tembus Ke Nasional dalam ajang Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2021, adapun wakil lain dari Aceh adalah dari tingkat Madrasah Tsanawiyah yang diwakili oleh team dari MTsN 1 Banda Aceh.

Pada hari Jumat (15/10/2021) Teuku Arifatul Maulidan Anatha dan Muhammad Fikri Nabil Syah beserta Guru Pembimbing berangkat menuju Tangerang, Banten untuk mengikuti kegiatan inti dari Kompetisi Robotik Madrasah ini yaitu yang akan dilaksanakan pada 16 sampai 17 Oktober 2021 di Mall Alamsutera Tangerang, dengan tekad yang kuat membawa misi meraih prestasi terbaik diajang ini serta berbekal Mobil Robot yang telah dirancangnya serta motivasi yang tiada henti dari Dewan Guru dan Kepala Madrasah mengantarkan keberangkatannya “mudah - mudahan membawa hasil yang terbaik, tetap optimis dan kami semua disini selalu mendoakan yang terbaik kepada team yang sedang berangkat menuju Tangerang” ungkap Kepala MAN IC Shulfan, S.Ag., M.Sc.

Sebagai informasi awal bahwa Kompetisi ini memiliki dua kategori. Pertama, Kategori Rancang Bangun Inovasi. Dalam kategori ini, siswa diminta menciptakan sebuah rancangan model teknologi yang berguna untuk meringankan kehidupan manusia (sesuai dengan tema yang ditentukan).

“Peserta merakit robotnya sendiri dari madrasah hingga dapat bergerak secara otomatis. Kemudian mempresentasikan rancangan model teknologi robotikanya di hadapan juri secara online, pada 2 sampai 3 Oktober 2021,”.

Kedua, Kategori Mobile Robot. Dalam kategori ini, siswa diminta membuat program untuk mengendalikan robot mobil (mobile robot). Level pengendalian dan tantangan yang harus dilewati oleh peserta disesuaikan dengan jenjang pendidikannya (MI, MTs, dan MA). Dalam hal ini Team dari MAN Insan Cendekia Aceh Timur memilih kategori yang kedua ini dengan mempertimbangkan skil/kemampuan dari Teuku Arifatul Maulidan Anatha dan Muhammad Fikri Nabil Syah.

“Kompetisi Kategori Mobile Robot ini akan diselenggarakan secara tatap muka pada  16 sampai 17 Oktober 2021 di Mall Alamsutera Tangerang, dengan protokol kesehatan yang ketat. Kompetisi ini akan disiarkan secara langsung melalui Channel Youtube Direktorat KSKK Madrasah dan Instagram pendidikanmadrasah. Direktorat KSKK Madrasah menyediakan hadiah dengan total jutaan rupiah terdiri dari medali, sertifikat, kit robotika dan uang pembinaan. “Pemenang akan diambilkan dari Juara I, II, III, Harapan I, II, dan Harapan III untuk setiap kategori di setiap jenjang. Mudah-mudahan team MAN Insan Cendekia Aceh Timur Mendapatkan hasil yang terbaik. Aamiin. (msk)