Peran Guru dalam Mewujudkan Madrasah Berprestasi: Materi Pembinaan oleh Prof. Sofyan A. Gani, MA di MAN IC Aceh Timur


post-title

Aceh Timur, Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi madrasah, Prof. Sofyan A. Gani, MA, memberikan materi pembinaan kepada para guru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Aceh Timur. Acara yang bertajuk "Peran Guru dalam Mewujudkan Madrasah Berprestasi" ini diadakan di Ruang meeting  MAN IC Aceh Timur dihadiri Kepala Madrasah, tenaga kependidikan dan seluruh guru. Senin ( 15 Juli 2024 )

Pembinaan Guru dengan Tema ''Peran Guru dalam mewujudkan Madrasah Berprestasi ” dalam kegiatan tersebut ketua MDC atau Dosen FKIB UKS   Prof. Sofyan A.Gani,MA menyampaikan berbagai strategi dan pendekatan yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inovatif. Beliau menyoroti pentingnya penggunaan metode pengajaran yang bervariasi, pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, serta pengembangan karakter siswa yang berintegritas dan memiliki semangat juang tinggi.

Lebih lanjut "Guru harus mampu membimbing siswa dalam aspek akademis maupun pengembangan karakter. Selain itu, guru juga perlu menjadi motivator yang memberikan semangat kepada siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka, serta menjadi inspirator yang menunjukkan dedikasi dan komitmen dalam mengajar," ujar Dr. Sofyan.

Beberapa strategi pengajaran yang efektif juga dibahas dalam pembinaan ini, antara lain penggunaan metode pengajaran yang bervariasi, pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, serta pembelajaran berbasis proyek. Prof. Sofyan menekankan pentingnya penggunaan metode pengajaran yang bervariasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa, serta integrasi teknologi untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan dengan perkembangan zaman.(rz)


Tags:

  • Share this: