Detail Berita

blog post

Aceh Timur – Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh mulai melaksanakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023. Kegiatan sosialisasi kali ini dilakukan di kabupaten Aceh Timur yang berlangsung mulai tanggal 10-13 Desember 2021.

Kegiatan sosialisasi tersebut dipusatkan di MAN Insan Cendikia Aceh Timur yang turut didampingi oleh Kasubag Tata Usaha Kankemenag Aceh Timur, Akly Zikrullah SAg MA. Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan MAN IC Aceh Timur Fahrul Anas, M.Pd dan Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas Solihin Kamal, S.Pd.I.

Seperti tahun sebelumnya UIN Ar-Raniry Banda Aceh membuka 5 (lima) jalur seleksi untuk mahasiswa Program Sarjana tahun 2022, yaitu melalui seleksi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedangkan dibawah Kementerian Agama, melalui seleksi SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan terakhir melalui jalur mandiri PMB Lokal.

"Untuk jalur masuk UIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun 2022, khusus jalur prestasi akademik ada SNMPTN dan SPAN PTKIN sedangkan melalui jalur UTBK ada SBMPTN dan UMBPTKIN serta terakhir jalur PMB Lokal,"kata Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Drs H Ibnu Sa'dan MPd saat melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 di MAN Insan Cendekia Aceh Timur, Sabtu (11/12/2021).

Lebih lanjut, Ibnu Sa'dan menjelaskan bahwa saat ini UIN Ar-Raniry Banda Aceh memiliki 43 Prodi Program Sarjana, 7 Prodi Program Magister dan 2 Program Doktor.

"Untuk jalur seleksi dibawah naungan Kemendikbud ada 15 Prodi yang ditawarkan sedangkan dibawah Kementerian Agama ada 28 Prodi serta dijalur terakhir PMB Lokal ada 43 Prodi,"jelasnya.

Untuk jadwal pelaksanaan, kata Ibnu jalur SNMPTN dimulai bulan Januari sampai April, SBMPTN mulai Februari hingga Juni, SPAN-PTKIN mulai Januari sampai Juni, UMB-PTKIN mulai April sampai Juli, dan terakhir jalur mandiri PMB Lokal mulai bulan Mei sampai Agustus.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik UIN Ar-Raniry Fadhli MPd mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada siswa kelas XII tentang cara dan tahapan masuk perkuliahan yang ada di perguruan tinggi dan untuk mendiseminasikan dan menginformasikan program akademik dan sistem penerimaan mahasiswa baru di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh kepada sekolah dan siswa-siswi tingkat akhir pada sekolah dan madrasah di kabupaten Aceh Timur.

"Daya tampung UIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun 2022 berjumlah 5000-an. Untuk Prodi Ilmu Hadist tahun ini akan ikut jalur nasional SPAN PTKIN dan UMB PTKIN,"kata Fadhli melalui keterangan tertulis, Sabtu (11/12/2021).

Fadhli juga mengingatkan bahwa terdapat laman atau situs untuk mendapatkan informasi penerimaan mahasiswa baru yang penting dikunjungi, yang pertama adalah https://ltmpt.ac.id/ yang merupakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan website resmi pendaftaran UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang dapat diakses melalui https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/ atau call center 0823 7034 0228 & 0823 7080 4528.