Detail Berita

blog post

Aceh Timur - Sebanyak 26 Siswa/i Kelas X IPS MAN Insan Cendekia Aceh Timur yang didampingi Guru Sejarah Irfan Dame, S.Pd. berkunjung ke situs Purbakala bentukan Zaman Mesolitikum di Desa Mesjid Kec. Bendara Kab. Aceh Tamiang Selasa (14/09/2021) 

Situs Purbakala zaman Mesolitikum tersebut memiliki luas 25 m x 20 m dengan ketinggian Gundukan kulit kerang 4,5 m dan luas lahan kurang lebih 36 m x 31m. 

Tujuan Study Sejarah tersebut adalah agar Siswa/i kelas X IPS dapat mengenal lebih mendalam tentang Situs Purbakala Bukit Kerang yang terbentuk pada zaman mesolitikum serta mengenal peninggalan-peninggalan yang berhubungan dengan penomena gundukan kerang tesebut.

 

Penomena tumpukan kerang ini dikenal dengan istilah "Kjokkenmoddinger" yang diartikan (Kjokken = dapur dan moddinger = sampah) disimpulkan dengan kata Sampah dapur atau dalam bahasa lain dikenal juga dengan sebutan midden.

Objek Wisata Edukasi peninggalan sejarah purbakala di Aceh Tamiang ini seringkali dikunjungi oleh berbagai kalangan diantaranya para ahli sejarah, pelajar, mahasiswa dan wisatawan domestik maupun mancanegara.