Detail Berita

blog post

Aceh Timur – Sebanyak 46 Siswa – siswi Kelas XI MAN IC Aceh Timur yang didampingi 2 Guru PKn Ustad fahmi,M.H dan Ustazah Erwinawati, S.Pd.,Gr kunjungan belajar dengan Materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional ke kantor Pengadilan IDI Negeri Aceh Timur Rabu ( 14/09/2022)

Siswa/I kelas XI MAN Insan Cendekia Aceh Timur melakukan kunjungan belajar dengan ‘’Materi Hukum’’ ke Kantor Pengadilan Negeri IDI Aceh Timur Kegiatan tersebut merupakan kegiatan Proses pembelajaran yang menjadi agenda madrasah dalam menyukseskan Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik.

maka hal tersebut juga akan menunjang fungsi PKn sebagai Pendidikan Hukum, karena salah satu paradigma hukum adalah hukum dianggap sebagai perwujudan nilai-nilai yang mengandung arti, bahwa kehadirannya adalah untuk memajukan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat. Fungsi Pendidikan Hukum dalam PKn ini berarti bahwa program pendidikan ini diarahkan untuk membina siswa sebagai warga negara yang memiliki kesadaran hukum yang tinggi, yang menyadari akan hak dan kewajibannya dan memiliki kepatuhan terhadap hukum, sehingga mampu mempertahankan nilai-nilai yang dianggap baik oleh masyarakat.

Dengan adanya kegiatan kunjungan tersebut siswa/i MAN IC Aceh Timur  diharapkan mendapat gambaran tentang sistem peradilan di Indonesia secara langsung dan juga mendapatkan pengetahuan tentang alur proses dan mekanisme peradilan di Indonesia

Dalam Kunjungan tersebut para siswa disambut langsung oleh ketua Pengadilan IDI Negeri Aceh Timur  Ibu Apri Yanti, S.H., M.H. dan didampingi oleh Zaki Anwar, S.H. (Hakim PN Idi), Reza Bastira Siregar, S.H. (Hakim PN Idi) dan Raden Budiawan Purnama S.H. (Panmud Perdata PN Idi), siswa/i kemudian diajak berkeliling di sekitaran lingkungan kantor Kejaksaan Negeri Aceh Timur guna memahami dan mendapatkan informasi tentang Proses Persidangan dan bagian-bagian stuktur yang ada di Kantor Pengadilan Negeri Aceh Timur.

Kegiatan kunjungan ini juga merupakan salah satu bentuk untuk pengembangan diri siswa, dan akan masuk ke dalam penilaian. “Nantinya setiap siswa akan diminta untuk membuat laporan tentang apa yang mereka dapatkan selama kunjungan di Kantor Pengadilan Negeri IDI Aceh Timur . Laporan ini nantinya akan dimasukkan dalam penilaian pengembangan diri.