Detail Berita

blog post

Aceh Timur - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan ajang tahunan yang selalu diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Di tengah wabah COVID-19 ini, KSM tetap dilaksanakan. Namun, KSM tahun ini tidak seperti KSM pada tahun-tahun sebelumnya, KSM 2020 akan dilaksanakan secara online pada tingkat nasional dengan istilah Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO).

Sesuai dengan juknis KSMO tahun 2020, pada tanggal 21 s.d 30 September dijadwalkan pelaksanaan KSM satuan pendidikan yang ditetapkan oleh madrasah masing-masing. Menindaklanjuti hal tersebut, MAN Insan Cendekia Aceh Timur mengadakan seleksi peserta KSMO di madrasah, Senin 28/9 lalu.

Seleksi peserta diikuti oleh peserta didik kelas X, XI, dan XII MAN Insan Cendekia Jambi yang terdiri dari 6 bidang lomba yakni Matematika terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Biologi terintegrasi, Ekonomi terintegrasi, dan Geografi terintegrasi dengan terpilihnya 14 peserta yang akan berlaga di tingkat nasional nanti. Soal seleksi peserta KSMO 2020 tingkat satuan pendidikan di MAN Insan Cendekia Aceh Timur dibuat oleh guru pembimbing bidang studi yang berkolaborasi dengan guru Al-Quran Hadist, Bahasa Arab, Fiqh, dan SKI.

Seleksi peserta KSMO 2020 dilaksanakan pada Senin, 28 September 2020 dimulai pada pukul 13.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB. Para peserta diwajibkan menggunakan laptop dan memastikan signal internet stabil yang dipantau oleh guru pembimbing masing-masing bidang.

Shulfan, S.Ag. M.Sc selaku Kepala MAN Insan Cendekia Jambi mengatakan seleksi KSMO tingkat satuan pendidikan perlu dilaksanakan agar terjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang Kompetisi Sains Madrasah Online(KSMO) Nasional yang mewakili MAN Insan Cendekia Aceh Timur pada tahun 2020. 

Terimakasih kami ucapkan kepada Direktur KSKK Madrasah, Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi, Kakan Kemenag Kabupaten Muaro Jambi, dan terutama pembimbing, ujarnya. (dee_nurq)