Detail Berita

blog post

Aceh Timur -  Sebanyak 22 Siswa/i Kelas XII IPS MAN IC Aceh Timur yang didampingi Guru Sejarah Rudi Adriansyah, S.Pd dan Guru Akidah Akhlak Nurul Hidayatullah HRB, S.Pd.I, Berkunjung ke Makam Sultan Malik Al-Saleh raja pertama dari kerajaan samudra pasai dalam rangka study sejarah secara langsung Ke Makam Malik Al-Saleh bertempat di Gampong Beuringin, Kecamatan Samudra, Aceh Utara, Sabtu (11/09/2021).

Sultan Malikussaleh adalah pendiri Kerajaan Islam Samudera Pasai, Meurah Silu, yang bergelar Malik al-Saleh atau dikenal sebagai Malikussaleh. Ia tercatat raja pertama Kerajaan Samudra Pasai yang pernah menyebarkan Islam di Asia Tenggara sekitar tahun 1270-1297 Masehi.

Tujuan Study Sejarah bagi Siswa/i Kelas XII IPS adalah Tugas Kelompok Mapel Sejarah yang mana membuat sebuah Penelitian Tentang Sultan Malik Al-Saleh Pendiri Kerajaan Samudra Pasai, Sebelum melakukan penelitan siswa membaca surat yasin dan berdoa bersama yang di pimpin oleh Tgk. Penjaga makam.

Dalam satu kompleks situs pemakaman ini juga terdapat makam Sultan Muhammad Malik Al-Zahir atau Malikuzzahir anak laki-laki dari Sultan Malik Al-Saleh yang memimpin kerajaan 1297-1326 Masehi.

Ada juga Makam Ratu Nahritsyah salah satu perempuan pertama yang memimpin kerajaan Samudera pasai 1405-1428 Masehi.

Makam Malikussaleh ramai dikunjungi warga baik lokal, nasional bahkan dunia.

Rata-rata, para pengunjung selain ahli sejarah juga warga yang umumnya melepaskan nazar, dan peusijuk. (rz)