Detail Berita

blog post

Aceh Timur, Humas - Guru Besar Pendidikan Agama Islam UIN Arraniry Banda Aceh, Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA mengharapkan agar para siswa MAN Insan Cendekia Aceh Timur mampu merubah "mindset" melalui kegiatan "Upgrading Pendidikan Agama Islam Aceh."

Dijabarkan untuk menjadi orang sukses tidak hanya mengandalkan kecerdasan akan tetapi faktor utama yang mendukung kesuksesan adalah jujur, disiplin, dan softskill. Siswa Siswa juga harus mampu cerdas secara emosional dan spiritual sehingga dapat menumbuhkan karakter yang mampu bersaing secara global.

Disamping itu untuk membentuk karakter siswa dan siswi MAN IC Aceh Timur, berakhlakul karimah juga merupakan sifat yang harus dimiliki oleh generasi z. Sehingga mampu melahirkan generasi yang cerdas dan budi luhur.

Kepala MAN Insan Cendekia Aceh Timur, menambahkan bahwa pola pikir atau mindset merupakan bagian dari cara berpikir. Pola pikir bisa diartikan sebagai sekumpulan keyakinan tentang sesuatu. Pola pikir adalah sebuah sikap mental yang memengaruhi perilaku seseorang; cara seseorang memaknai sebuah situasi. 

Fixed mindset adalah memercayai bahwa kemampuan dan bakat anda telah terukir di batu, membuat anda merasa penting untuk terus menerus membuktikan diri. Sedangkan growth mindset menganggap bahwa kualitas diri dapat dikembangkan dengan usaha.

Dengan adanya kegiatan ini Kepala MAN Insan Cendekia Aceh Timur mengharapkan siswa dan siswa MAN Insan Cendekia Aceh Timur dapat termotivasi untuk merubah pola pikir untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. (dee_nurq).