Detail Berita

blog post

Idi Rayeuk – Kabar baik kembali datang dari perserta didik MAN Insan Cendekia Aceh Timur kali ini dua siswanya atas nama Maifal Alkha Anpari (angkatan ke-5) dan Teuku Muhammad Haikal Abizar (angkatan ke-2) MAN IC Aceh Timur dinyatakan lulus Pantukhir pada Seleksi Penerimaan Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun 2022, kabar tersebut didapat setelah diterimanya surat Keputusan dari Rektor IPDN Nomor 810-243 Tahun 2022 tanggal 19 Juli 2022 oleh Kepala MAN IC Aceh Timur Shulfan S Ag M Sc melalui sambungan WhatsApp dari Peserta yang bersangkutan.

Maifal berada pada urutan 24 yang mewakili Kabupaten Aceh Tamiang dan Haikal berada pada urutan 43 yang mewakili Kabupaten Aceh Timur pada lampiran surat tersebut yang menyatakan keduanya lulus masuk IPDN untuk wilayah Provinsi aceh, keduanya terpilih dengan 48 peserta lainnya dari berbagai wilayah di Provinsi Aceh.

Shulfan mengungkapkan kekagumannya kepada peserta yang telah dinyatakan lulus,”ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa yang dalam usia ke sekian tahunnya MAN Insan Cendekia Aceh Timur ternyata dapat membawa siswa-siswinya lulus pada jalur kedinasan dalam hal ini IPDN”, ungkapnya.

“Terus terang kalau Maifal itu bakatnya sudah kelihatan dari awal bagaimana keseharian dia di madrasah karena baru saja lulus tahun kemarin, lebih dari itu ternyata anak kami Haikal juga lulus di IPDN padahal dia angkatan ke-2, ini sangat luar biasa”. Tambah shulfan.

Dalam laman resminya ipdn.ac.id menjelaskan bahwasanya Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian.

IPDN sendiri adalah salah satu sekolah kedinasan dibawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Calon praja yang lulus IPDN nantinya akan diangkat menjadi CPNS yang akan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.